Skip to main content

LATIHAN SOAL TRY OUT BAHASA INDONESIA PAKET 2

BAHASA INDONESIA

      PAKET 2
1.             Bacalah dengan saksama paragraf berikut ini!
Fase-fase bulan merupakan bentuk-bentuk bulan yang tampak berbeda oleh kita di bu­mi. Bentuk bulan yang berbeda-beda oleh pengamat di bumi selama bulan mengorbit bu­mi disebabkan oleh perbedaan sinar matahari yang mengenai separuh muka bulan yang menghadap bumi. Ada empat fase utama penampakan bulan dari bumi, yaitu tam­pak, sabit, benjol, dan bulat penuh. Tiga aspek bulan dilihat dari kedudukannya terha­dap bumi dan matahari yaitu aspek konjungsi, kuarter, dan oposisi.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A.    bentuk-bentuk bulan
B.     pengamat bulan di bumi
C.     perbedaan matahari dan bulan
D.    kedudukan bulan dalam bumi dan matahari
E.     kedudukan bulan di bumi selama mengorbit

2.             Bacalah dengan saksama teks berikut dengan cermat!
Luapan Sungai Lawe Bulan meninggalkan gerusan di sepanjang bantaran sungai. Kon­disi ini mengancam rumah warga. Untuk menghindari longsor yang lebih besar lagi, war­ga yang berdiam di bantaran sungai memilih mengungsi. Pengungsian para korban banjir ini kurang memadai karena luasnya yang tidak seberapa. Banjir terjadi akibat pe­nebangan liar di kawasan Hutan Lindung Sibolangit, Kecamatan Badar, beberapa tahun lalu.
Sumber: Metrotvnews.com
Kalimat utama paragraf di atas ialah…
A.    Kondisi ini mengancam rumah warga.
B.     Luapan Sungai Lawe Bulan meninggalkan gerusan di sepanjang bantaran sungai.
C.     Pengungsian para korban banjir ini kurang memadai karena luasnya yang tidak seberapa.
D.    Untuk menghindari longsor yang lebih besar lagi, warga yang berdiam di bantaran sungai memilih mengungsi.
E.     Banjir terjadi akibat penebangan liar di kawasan Hutan Lindung Sibolangit, Kecamatan Badar, beberapa tahun lalu.

3.             Cermati dengan saksama paragraf berikut ini!
Masih banyak anak muda Indonesia yang menganggap berolahraga dan menaati pola makan ideal itu merepotkan. Padahal, berat tubuh ideal adalah kunci kesehatan se­pan­jang hidup. Menjaga gaya hidup sehat dengan menyeimbangkan waktu istirahat, olah­raga, dan pola makan yang baik memang bukan pekerjaan mudah yang bisa diterapkan dengan perubahan semalam. Perlu penanaman kesadaran yang tinggi untuk menjadi­kan­nya bagian dari gaya hidup, lebih dari sekadar tergiring arus. Kalau setiap anak mu­da mulai menerapkannya, tubuh yang sehat tentulah bukan hal yang mustahil untuk di­da­patkan.
Sumber: Kompas, 2 Juni 2013
Kalimat yang merupakan fakta dalam paragraf tersebut adalah ...
A.    Padahal, berat tubuh ideal adalah kunci kesehatan sepanjang hidup.
B.     Masih banyak anak muda Indonesia yang menganggap berolahraga dan menaati pola makan ideal itu merepotkan.
C.     Kalau setiap anak muda mulai menerapkannya, tubuh yang sehat tentulah bukan hal yang mustahil untuk didapatkan.
D.    Perlu penanaman kesadaran yang tinggi untuk menjadikannya bagian dari gaya hidup, lebih dari sekadar tergiring arus.
E.     Menjaga gaya hidup sehat dengan menyeimbangkan waktu istirahat, olahraga, dan pola makan yang baik memang bukan pekerjaan mudah yang bisa diterapkan dengan perubahan semalam.

4.             Bacalah dengan saksama kutipan biografi berikut!
Firman Muntaco lahir di Jakarta pada 5 Mei 1935, selama hayatnya sebagai se­o­rang sastrawan beliau telah menghasilkan cerpen Betawi sebanyak 5.000. Akan tetapi, yang sempat diselamatkan oleh Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin hanya 499 cerpen. Firman memilih dialek Betawi sebagai media ekspresinya. Beliau meyakini dialek Be­ta­wi memiliki keunggulan dan kekuatan untuk menyampaikan ide-ide sastra. Dalam kon­teks ini, Firman menyediakan dirinya sebagai wadah di mana dialek Betawi yang di­bentuk oleh komunitasnya menemukan kekuatan.
Maestro sastrawan Betawi yang telah wafat pada 10 Januari 1993 ini meng­hasil­kan sebuah buku tentang masyarakat Betawi-Jakarta dengan segala persoalannya yang khas. Firman Muntaco, dengan gaya human yang menyegarkan berhasil membuat Gam­­bang Jakarte yang ditulisnya menjadi karya penting. Buku ini bermula dari kolom Gambang Djakarte di koran Berita Minggu pada 1957-1965. Kolom ini sanggup meng­angkat tiras koran tersebut sampai 400.000 eksemplar kala itu.
Sumber: Kompas, 30 Juni 2013
Mengapa Firman Muntaco memilih dialek Betawi sebagai media ekspresinya?
A.    Karena chauvinisme dirinya sebagai warga masyarakat Jakarta.
B.     Karena dialek Betawi belum banyak digunakan oleh para sastrawan besar.
C.     Karena bergabung dengan komunitas sastra yang beranggotakan warga Betawi.
D.    Karena kearifan lokal masyarakat Betawi yang telah dikenalnya semenjak kecil.
E.     Karena keyakinan bahwa dialek Betawi memiliki keunggulan dan kekuatan untuk menyampaikan ide-ide sastra.

5.             Cermatilah dengan saksama penggalan teks berikut ini!
Selama beberapa tahun terakhir, pabrik-pabrik gula di Indonesia mengidap penyakit pa­rah. Candi Baru adalah satu dari tiga belas pabrik gula di Jawa Timur. Pabrik gula di se­luruh Indonesia, bukan saja ketinggalan teknologi, melainkan juga kehilangan daya sa­ing. Bila hal ini dibiarkan berlarut-larut, akan terjadi penutupan pabrik dan ber­dam­pak kepada lapangan kerja masyarakat setempat. Dengan demikian, pemerintah perlu mencegah hal ini dengan memberikan bantuan alat yang canggih.
Tujuan penulisan artikel tersebut adalah ...
A.    Menjelaskan kerusakan sebuah pabrik gula Candi Baru.
B.     Mengimbau kepedulian pemerintah terhadap keadaan pabrik gula.
C.     Menggambarkan perekonomian masyarakat di sekitar pabrik gula.
D.    Menginformasikan beberapa pabrik gula yang ada di Indonesia saat ini.
E.     Mengingatkan agar meningkatkan cara mengolah gula supaya tidak terpuruk.

6.             Bacalah dengan saksama paragraf berikut ini dengan cermat!
Upaya-upaya pemerintah melestarikan budaya tradisional perlu dilakukan di tengah ser­buan budaya modern dari luar. Hal ini dilakukan karena kurang ketertarikannya masya­rakat Indonesia terutama generasi muda untuk melestarikan. Selain itu, seiring dengan per­kembangan zaman modern, produk budaya bukanlah milik kolektif seperti ketika ma­sa agraris, melainkan milik individualis atau sekelompok etnis. Segala produk buda­ya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap milik individu atau sekelompok masyarakat, bahkan sebuah bangsa. Nah, ketika masyarakat kita lalai mem­beri cap tersebut pada produk budaya sendiri, terjadilah pencurian budaya oleh bang­sa lain yang kemudian diklaim sebagai produk budaya bangsa tersebut. Prof. Dr. Edi Sedyawati, mantan Dirjen Kebudayaan, dalam suatu acara budaya di Jakarta me­ngatakan bahwa harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya tradisional. Keanekaragaman budaya In­donesia yang terdiri atas ribuan etnis itu harus bisa dipatenkan agar tidak dicuri oleh bang­sa luar untuk kepentingan sendiri.
Bagaimana upaya agar budaya tradisional kita tidak dicuri oleh bangsa luar untuk ke­pen­tingan sendiri?
Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf adalah ...
A.    Menanamkan rasa ketertarikannya masyarakat Indonesia, terutama generasi muda untuk pelestarian budaya tradisional.
B.     Harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya tradisional.
C.     Segala produk budaya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap sekelompok masyarakat atau sebuah bangsa.
D.    Budaya Indonesia yang terdiri atas ribuan etnis itu harus dijaga dengan baik dengan cara mencintai budaya sendiri daripada budaya luar.
E.     Dengan mengikuti perkembangan zaman modern tanpa melupakan makna dari budaya tradisional itu sendiri sehingga kita merasa memiliki.

7.             Bacalah dengan saksama paragraf  berikut dengan cermat!
Ada dua hal dalam kegiatan pengajaran di sekolah, yaitu intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang menjadi wilayah pengembangan potensi lebih luas dan didesain dengan cara lebih bebas dalam waktu dan ruang untuk berekspresi.
Maka kata didesain pada paragraf tersebut adalah ....
A.    diukur
B.     dibuat
C.     disajikan
D.    dirancang
E.     disediakan

8.             Bacalah dengan saksama tajuk rencana berikut ini!
(1) Sejak tahun 1984 telah ada program wajib belajar yang dilaksanakan pemerintah In­donesia. (2) Jaminan akses terhadap pendidikan dasar diharapkan menjadi komitmen an­tara pemerintah dan masyarakat. (3) Komitmen antara pemerintah dan masyarakat se­perti yang tertuang dalam UUD 1945 bahwa tujuan negara ialah mencerdaskan kehi­dup­an bangsa. (4) Pentingnya keadilan dalam mengakses pendidikan bermutu diper­je­las dan diperinci kembali dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (5) Dengan demikian, komitmen antara pemerintah dan masya­ra­kat bertujuan sama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan harapan itu dapat terwu­jud jika terjalin kerja sama yang baik.
Kalimat yang berupa opini penulis dalam paragraf tajuk rencana tersebut terletak pada kalimat nomor ....
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)
9.             Bacalah dengan saksama tajuk rencana berikut ini!
Tidak ada yang meragukan kelebihan Kurikulum 2013. Namun, karena kuri­ku­lum ini memiliki kekhasan konsep, taruhlah di antaranya tematik integratif, tanpa di­per­siapkan matang yang terjadi “penafsiran praktis-pragmatis”. Terjadi kembali seperti se­la­ma ini: kurikulum di atas kertas berbeda dengan kurikulum di lapangan. Posisi guru stra­tegis, tetapi di lapangan kurang memperoleh perhatian. Mereka diberi perhatian ke­ti­ka dibutuhkan, bahkan disalahgunakan jauh dari fungsi pokoknya sebagai pendidik. Gu­ru dijadikan tim sukses dalam pilkada.
Kongres Guru Indonesia 2013 yang sedang berlangsung tentu mengkaji kembali se­­be­ra­pa jauh fungsi keguruan didudukkan pada yang seharusnya. Bisa ikut meng­garis­ba­wahi dan menjabarkan bentuk konkret konsep dan kebijakan otonomi pendidikan. Bisa mengingatkan agar dihentikan kegemaran debirokratisasi pendidikan seolah-olah, pada­hal hanya bagian dari strategi “memenangkan perang” sehingga semua tidak selalu ber­a­khir dengan antiklimaks. Upayakan agar janji Menteri Mohammad Nuh saat pembu­ka­an kongres terealisasi, yakni dalam tiga bulan akan menyelesaikan persoalan guru yang menyangkut isu otonomi pendidikan guru honorer, guru bantu, dan kekurangan guru.
Sumber: Kompas, 5 Juli 2013
Opini dalam tajuk tersebut ditujukan kepada ....
A.    guru
B.     pemerintah
C.     Tim sukses pilkada
D.    Menteri Pendidikan Mohammad Nuh
E.     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan






10.         Bacalah dengan saksama tabel berikut!
Titik Api di Provinsi Riau
Wilayah
15 Juni 2013
7 Juli 2013
22 Juli 2013
Rokan Hilir
7
1
69
Bengkalis
6
3
41
Rokan Hulu
6
-
9
Siak
12
5
20
Dumai
1
-
12
Kampar
4
1
1
Palalawan
23
2
1
Kepulauan Meranti
2
1
1
                                                               Sumber: Kompas, 24 Juli 2013
Kalimat pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah ...
A.    Pada tanggal 7 Juli 2013, titik api di semua wilayah berkurang.
B.     Pada tanggal 22 Juli 2013 terdapat empat wilayah dengan titik api lebih dari 20 titik.
C.     Pada tanggal 7 Juli 2013, titik api di tiga wilayah di Provinsi Riau dilaporkan hilang.
D.    Titik api di wilayah Siak dari tanggal 15 Juni 2013 hingga 22 Juli 2013 terus bertambah.
E.     Titik api di wilayah Rokan Hilir pada tanggal 15 Juni 2013 merupakan yang terbanyak jika dibandingkan dengan wilayah lain.

11.         Kalimat pasif yang baik di bawah ini,adalah ...
A.    Novel itu harus dibaca oleh kalian di rumah.
B.     Pekerjaan rumah saya akan selesaikan sampai tuntas.
C.     Meja seberat itu akhirnya terangkat juga olehku.
D.    Dengan senang hati mereka akan bantu anak kesusahan itu.
E.     Jendela kotor itu akan dibersihkan oleh kami nanti siang.

12.         Perhatikan dengan saksama sistematika penulisan laporan berikut ini!
(1). Perumusan masalah
(2). Latar belakang masalah
(3). Sistematika pembahasan
(4). Prosedur pemecahan masalah
 Sistematika penulisan pendahuluan untuk laporan adalah ....
A.             (1),(3),(2),(4)                          D. (3),(2),(4),(1)
B.            (2),(1),(4),(3)                           E. (4).(1).(2),(3)
C.            (2),(3),(1),(4)








13.         Bacalah dengan saksama hikayat berikut !

Indraputera, putra Maharaja Bikrama Puspa adalah seorang putera yang sangat arif bijaksana, lagi terlalu perkasa dan saktinya. Tetapi nasibnya mula-mula tidak seberapa mujur. Semasa masih kecil, ia telah diterbangkan oleh sekor merak emas. Ia jatuh di suatu taman dan dipelihara oleh nenek kebayan. Sesudah beberapa lama ia diangkat menjadi anak perdana menteri.
Sumber: Sejarah Kesustraan Melayu Klasik

Kemustahilan yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut adalah ….
A.    Indraputra pada masa kecilnya sangat senang dengan burung merak emas
B.     Indraputra pada masa kecilnya dipelihara oleh nenek kebayan
C.     Semasa masih kecil, Indraputra telah diterbangkan oleh sekor merak emas
D.    Nasib Indraputra pada masa kecilnya tidak seberapa mujur
E.     Indraputera, adalah seorang putera Maharaja Bikrama Puspa yang sangat arif

14 .Nilai sosial dari kutipan hikayat tersebut adalah ….
a.       putra raja yang dipelihara oleh orang biasa
b.      putra raja yang dikucilkan dari istana
c.       putra raja yang jatuh di taman
d.      Putra raja yang bernasib sial
e.       Diterbangkan seekor burung
15..Bacalah dengan saksama kutipan novel berikut ini!
Aku mengamati Arai. Kelihatan jelas kesusahan telah menderanya sepanjang hidup. Ia seusia denganku tapi tampak lebih dewasa. Sinar matanya jernih, polos sekali. Lalu tak dapat kutahankan air mataku mengalir. Aku tidak mengerti bagaimana anak semuda itu menanggungkan cobaan demikian berat sebagai simpai keramat. Arai mendekatiku lalu menghapus air mataku dengan lengan bajunya yang kumal. Tindakan itu membuat air mataku mengalir semakin deras. Sempat kulirik ayahku  yang mencuri-curi pandang kepada kami, wajah beliau sembap dan matanya semerah buah saga. Melihatku pilu, kupikir Arai akan terharu tapi ia malah tersenyum dan pelan-pelan ia merogohkan tangannya ke dalam kacung kecampangnya. Air mukanya  memberi kesan ia memiliki sebuah benda ajaib nan rahasia.
                                                                                       (Sang Pemimpi)
Watak tokoh Arai yang dewasa, kuat, dan ceria dideskripsikan pengarang dalam kutip­an tersebut melalui ....
A.    dialog antartokoh
B.     tanggapan tokoh lain
C.     pemaparan langsung
D.    pikiran-pikiran tokoh 
E.     lingkungan sekitar tokoh

16.  Amanat yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah ...
A.    ceria meski didera penderitaan
B.     sabar menghadapi sikap lemah orang lain
C.     polos dan dewasa dalam mengarungi kehidupan
D.    peduli terhadap kondisi dan penderitaan orang lain 
E.     tegar dan tidak berputus asa menghadapi cobaan hidup

17.Bacalah dengan saksama penggalan cerpen di bawah ini!
“Nduk, ibadah itu penting. Bagaimanapun sibukmu, ibadah jangan kamu abaikan!”
....
“Jika kamu mempunyai rezeki lebih, jangan lupa bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim.”
Ya, kalimat-kalimat semacam itulah yang masih sering beliau ucapkan. Mula-mula memang aku perhatikan. Bahkan, aku berusaha melaksanakan nasihat-nasihat itu. Dengan semakin meningkatnya volume kegiatanku, lama-lama aku justru risih dan menganggapnya angin lalu saja.
(Sang Primadona, karya A. Musthofa Bisri)
Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.    tokoh aku tidak lagi mendengarkan nasihat orang tuanya.
B.     perubahan sikap tokoh aku karena telah mampu hidup mandiri.
C.     keengganan tokoh aku untuk beribadah dan bersedekah karena sibuk bekerja.
D.    kekesalan tokoh aku pada nasihat orang tuanya yang memintanya untuk rajin beribadah dan bersedekah.
E.     perubahan sikap tokoh aku yang telah menjadi artis terkenal yang sibuk hingga melalaikan nasihat orang tua.

18.Nilai moral yang terkandung dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....
A.    Bersedekah untuk mensucikan harta yang dimiliki.
B.     Patuh kepada nasihat orang tua sebagai tanda bakti.
C.     Beribadah manakala ada waktu luang sehabis bekerja.
D.    Beribadah secara taat sebagai bentuk sayang kepada orang tua.
E.     Taat menjalankan nasihat baik orang tua untuk beribadah sesibuk apapun.

19.  Bacalah dengan saksama kutipan puisi berikut ini!
Hari itu 10 November, hujan mulai turun
Orang-orang ingin kembali memandangnya
Sambil merangkai karangan bunga
Tapi yang nampak, wajah-wajah sendiri yang tak dikenalnya
Sepuluh tahun yang lalu dia terbaring
Tetapi bukan tidur, sayang
Sebuah peluru bundar di dadanya
Senyum bekunya mau berkata: aku sangat muda
(Pahlawan Tak Dikenal karya Toto Sudarto Bachtiar, 1955)
Makna lambang dari merangkai karangan bunga adalah ....
A.    memberikan ucapan bela sungkawa dan doa
B.     menitikkan air mata berduka cita
C.     mengucapkan salam perpisahan
D.    mengungkapkan kesedihan
E.     menangisi kepergiannya

20.Maksud puisi tersebut adalah ....
A.    Seorang pahlawan tak dikenal yang gugur di kala perang. Kematiannya diiringi de­ngan kesedihan dan doa banyak orang
B.     Banyak orang memberikan karangan bunga dan memakamkan seorang pahlawan tak dikenal gugur di medan perang.
C.     Seorang pahlawan tak dikenal yang gugur di medan perang karena tertembus pe­lu­ru di dadanya.
D.    Seorang pahlawan tak dikenal yang gugur pada tanggal 10 November karena ter­tembus peluru.
E.     Seorang pahlawan tak dikenal yang gugur di medan perang

21.Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah ....
A.    semangat bergelora
B.     menyenangkan
C.     mengharukan
D.    menyedihkan
E.     mencekam

22.Perhatikan dengan saksama pantun berikut ini!
Redup bintang hari pun subuh,
subuh tiba bintang tak nampak.
Hidup pantang mencari musuh,
....
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A.    tidak usah galak-galak
B.     tabahlah jangan tersentak
C.     musuh tiba pantang ditolak
D.    marilah bersama diarak-arak
E.     sambut dengan bersorak-sorak

23.Cermati dengan saksama gurindam berikut!
Kalau banyak berkata-kata,
di sanalah boleh terjadi dusta.
Maksud isi gurindam tersebut adalah ...
A.    Tatalah dan aturlah kata-kata yang hendak diucapkan.
B.     Orang yang banyak berkata-kata pastilah ia seorang pendusta.
C.     Jangan terlalu banyak bicara apabila tidak ingin menjadi pendusta.
D.    Seorang pendusta dapat dikenali dari banyaknya kata-kata yang keluar dari mulut­nya.
E.     Janganlah terlalu banyak berbicara. Pastikan terlebih dahulu kebenaran apa yang di­u­capkan.

24.  Cermati dengan saksama kalimat acak berikut ini!
1)        Peningkatan ekonomi tersebut akhirnya akan memengaruhi segala aspek ke­hi­dup­an.
2)        Dalam situasi aman dan tertib masyarakat merasa bergairah untuk berusaha.
3)        Stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat perlu dimantapkan
4)        Jika kesempatan berusaha baik, perekonomian berkembang juga.
5)        Peningkatan perekonomian meningkatkan pula pendapatan masyarakat.
Urutan yang tepat utnuk membentuk paragraf yang koheren dari lima kalimat di atas ialah ....
A.    (3) (2) (4) (1) (5)
B.     (1) (2) (3) (4) (5)
C.     (2) (3) (4) (1) (5)
D.    (4) (3) (2) (5) (1)
E.     (5) (4) (1) (2) (3)

25.  Cermati dengan saksama paragraf berikut!
Sebuah kamar yang bagus dan sehat untuk anak harus ditunjang oleh sistem sirkulasi udara yang baik. Jangan sampai kamar anak tidak mempunyai akses atau sirkulasi de­ngan udara luar, misalnya dari halaman atau taman. Dengan adanya akses secara lang­sung tersebut, di samping terjadi pertukaran udara dan masuknya cahaya, anak menjadi lebib peka terhadap lingkungannya. Dengan akses langsung, misalnya, seorang anak da­pat merasakan datangnya sinar matahari pagi atau udara pagi yang segar...
Kalimat persuasi yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah ...
A.    Marilah sepanjang hari kita ciptakan suasana santai, damai, sehat dan bersih di se­tiap dalamkamar anak kita.
B.     Ciptakanlah kamar dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup agar ke­se­hatan anakAnda lebih terjamin.
C.     Memang sebuah kamar yang sehat dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang sangat baikcocok untuk anak Anda.
D.    Tatalah ruang bermain, kamar, dan ruang belajar anak Anda dengan memper­ha­ti­kan sirkulasidan pencahayaan yang cukup.
E.     Buatlah anak Anda betah bermain, belajar, istirahat yang nyaman di kamar de­ngan menyediakan ruangan yang harmonis.

26.         Cermati dengan saksama daftar pustaka berikut!
Judul buku         : Cerdas Berbahasa Indonesia
Pengarang          : Engkos Kosasih
Tahun                 : 2015
Penerbit             : Erlangga
Tempat terbit     : Jakarta

Penulisan daftar pustaka yang benar untuk data buku di atas adalah ....
A.      Engkos Kosasih. 2015. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
B.       Kosasih,Engkos . 2015. Cerdas Berbahasa Indonesia. Erlangga : Jakarta
C.       Engkos Kosasih. 2015. Cerdas Berbahasa Indonesia. .Erlangga : Jakarta
D.      Kosasih ,Engkos. 2015. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
E.       Kosasih,Engkos . 2015. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga






27.         Cermati dengan saksama paragraf berikut!

     (1) kejadiannya … Aku datang pukul 12.00 siang. (2) Setelah memarkir
motorku di halaman sekolah, aku berlari ke tempat fotokopi. (3) Selain fotokopi,
 toko itu juga melayani laminasi. (4) Pukul  12.10 aku sudah selesai memfotokopi
dan kembali ke tempat parker motor. (5) Akan tetapi, motorku sudah lenyap.
 Padahal, hanya kutinggal … 15 menit.
Frasa yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang adalah …
A.            Begitun saja, kurang dari
B.            Sangat cepat, begitu saja
C.            Sangat lambat, lebih dari
D.            Teramat cepat, lebih-lebih
E.             Begitu cepat, kurang dari      
28. Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut !
(1).Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pancaroba
(2).Proses terjadinya adalah pada waktu siang hari awan putih berkembang menjadi awan gelap yang disertai hembusan udara dingin
(3).Angin puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam dan bergerak lurus serta berlangsung sekitar 5 menit.
(4).Tidak lama kemudian, angin bertiup makin cepat dan diikuti hujan lebat
(5).Terlihat awan hitam yang ditengahnya terdapat pusaran angin berbentuk seperti turun menuju permukaan tanah
(6).Begitulah proses terjadinya angin puting beliung yang sering terjadi ketika musim pancaroba

 Jika dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi, urutan kerangka yang tepat adalah….
a.  (3) – (1) – (2) – (4) – (5) – (6)                     d.  (3) – (4) – (2) – (1) – (5) – (6)
b.  (3) – (1) – (4) – (5) – (2) – (6)                    e.  (3) – (4) – (1) – (2) – (5) – (6)
c.  (3) – (2) – (1) – (4) – (5) – (6)

29.Cermatilah dengan saksama isi paragraf berikut!
Rani kini ... keluarganya. Dia sampai hati mengotori nama baik ayah-ibunya yang men­jadi pemuka masyarakatnya. Rani sudah tergiur oleh harga dan kesenangan dunia se­hing­ga mau melakukan yang memalukan itu.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    menutup hati
B.     meneput dada
C.     mencuci tangan
D.    mengunci mulut
E.     mencoreng muka

30.  Cermatilah dengan saksama ilustrasi berikut!
Kali ini dia benar-benar tidak bohong. Dia menceritakan hal yang sebenarnya. Akan te­tapi, tidak seorang pun yang memercayai apa yang dia sampaikan sehingga dia baru sadar betapa sulitnya mengembalikan kepercayaan orang karena dia dulu sering berbohong, se­per­ti peribahasa "....".
Peribahasa yang sesuai untuk melengkapi ilustrasi tersebut adalah ....
A.    keluar dari mulut harimau masuk ke mulut buaya
B.     sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui
C.     berjalan peliharakan kaki, berbicara peliharakan lidah
D.    mulutmu harimau yang akan menerkam kepala kamu
E.     sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tidak percaya

31.  Cermatilah dengan saksama kalimat berikut!
Adapun di dalam karya tulis ini akan penulis bahas alternatif sumber energi yang mana lebih efektif dan efisien.
Perbaikan kalimat tersebut agar efektif adalah ...
A.    Karya tulis ini akan dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien secara
jelas.
B.     Dalam karya tulis ini penulis membahas alternatif sumber energi yang efektif dan
efisien.
C.     Di dalam karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi yang lebih
efektif.
D.    Adapun karya tulis ini akan dibahas alternatif sumber energi yang lebih efisien
atau efektif.
E.     Dalam karya tulis ini akan dibahas sumber energi alternatif yang tergolong
efektif dan efisien.

32.         Cermati  dengan saksama penggunaan istilah dalam kalimat berikut!
Kehadiran redaksional akan percuma jika hanya untuk mengoreksi pemakaian tanda baca, huruf besar, huruf miring, atau membuang kata-kata mubazir.
Istilah yang tepat untuk mengganti kata tercetak miring tersebut adalah …
A.    redaksi
B.     redaktur
C.     redactor
D.    korektor
E.     koreksi

33.         Cermati dengan saksama ilustrasi berikut!
OSIS SMA Pahlawan akan mengadakan rapat persiapan acara pentas seni sekolah pada 2 Februari 2011 yang bertempat di ruang OSIS sekolah, pukul 15.00 WIB. Ketua OSIS mengundang panitia untuk hadir dalam rapat tersebut.
Kalimat pembuka surat undangan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
A.    Sesuai dengan akan diadakan Pentas Seni SMA Pahlawan, kami mengundang pa­nitia kegiatan tersebut untuk acara Pentas Seni SMA Pahlawan kiranya untuk pe­nyusunan acara….
B.     Rencana akan diadakan pentas seni SMA Pahlawan, kami mengundang panitia ke­­giatan tersebut untuk rapat acara pentas seni di mana kita akan menyusun aca­ranya….
C.     Mengingat akan diadakan pentas seni SMA Pahlawan, kami mengundang panitia kegiatan tersebut untuk rapat persiapan yang mana dalam rangka mempersiapkan acara…..
D.    Mengacu pada pentas seni SMA Pahlawan, kami mengundang panitia kegiatan ter­sebut rapat persiapan untuk acara yang mana akan ditampilkan dalam acara nantinya….
E.     Sehubungan dengan akan diadakan acara pentas seni SMA Pahlawan, kami meng­undang panitia untuk menghadiri rapat persiapan acara tersebut pada….

34.         Penulisan identitas pelamar yang tepat dalam surat lamaran pekerjaan adalah ....
A.    Nama                                          : Ariska Arumdani
Tempat dan tanggal lahir            : Depok, 1 Januari 1994
Alamat                                        : Jalan Pahlawan 34, Tangerang
Pendidikan                                  : SMA Bakti Mulia

B.     Nama                                          : Ariska Arumdani
Tempat, tanggal lahir                  : Depok, 1 Januari 1994
Alamat                                        : Jalan Pahlawan 34, Tangerang
Pendidikan                                  : SMA Bakti Mulia

C.     Nama                                          : Ariska Arumdani
Tempat/tanggal lahir                   : Depok, 1 Januari 1994
Alamat                                        : Jalan Pahlawan 34, Tangerang
Pendidikan                                  : SMA Bakti Mulia

D.    nama                                           : Ariska Arumdani
tempat, tanggal lahir                   : Depok, 1 Januari 1994
alamat                                         : Jalan Pahlawan 34, Tangerang
pendidikan                                  : SMA Bakti Mulia

E.     nama                                           : Ariska Arumdani
tempat dan tanggal lahir             : Depok, 1 Januari 1994
alamat                                         : Jalan Pahlawan 34, Tangerang
pendidikan                                  : SMA Bakti Mulia

35.         Atas perhatian dan bantuan yang Bapak berikan terhadap saya, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ...
A.    Atas perhatian dan bantuan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
B.     Saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian dan bantuannya.
C.     Atas bantuan yang Bapak berikan terhadap saya, saya mengucapkan terima kasih.
D.    Atas perhatian dan bantuan Bapak, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
E.     Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan bantuan Bapak.

36.         Drs. H. Anwar Hasnun adalah penulis buku yang berjudul “pedoman dan petunjuk praktis karya tulis”. Buku tersebut disusun berkaitan dengan kebutuhan para siswa, mahasiswa, maupun masyarakat umum yang sangat membutuhkan informasi pengetahuan tentang menulis sebuah karya tulis, makalah, laporan, dan lain-lain.
Penulisan judul buku yang sesuai dengan EYD adalah ....
A.    Pedoman Dan Petunjuk Praktis Karya Tulis
B.     Pedoman dan petunjuk praktis Karya Tulis
C.     Pedoman dan petunjuk praktis karya tulis
D.    Pedoman Dan Petunjuk Praktis karya tulis
E.     Pedoman dan Petunjuk Praktis Karya Tulis

37.         Penulisan nama yang diikuti gelar akademis yang tepat terdapat dalam kalimat!
A.    E.Kosasih, M.Pd. akan mengadakan penelitian evaluasi pendidikan di kota ini.
B.     Kami akan berkonsultasi dengan Prof.Armandslamet. MA.
C.     Drs.Sumaji,M.M selaku wakil wali kota, mengadakan kunjungan mendadak.
D.    Menurut Prof.Dr.Nurpramana. M.SC., penelitian tanpa izin itu tidak dibenarkan.
E.     DRG,Denny Pudjiati di puskesmas ini tidak asing lagi bagi masyarakat.

38.         Cermati dengan saksama langkah-langkah berikut ini!
(1)   Permintaan
(2)   Persetujuan
(3)   Penawaran
(4)   Orientasi
(5)   Pembelian
(6)   Pemenuhan
(7)   Penutup
Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah ….
A.    (4) (2) (1) (3) (5) (6) (7)
B.     (4) (1) (2) (5) (6) (3) (7)
C.     (4) (1) (6) (3) (2) (5) (7)
D.    (4) (1) (2) (6) (3) (7) (5)
E.     (4) (1) (6) (2) (3) (5) (7)


39.         Perhatikan dengan saksama penggalan puisi berikut ini!
Bendera Kuning
Serak gagak
Takluk menawar maut
Membawamu kembali
Bendera kuning luluhkan pertemuan
Langit memerah
Melayu bunga yang rekah di dasar dada
Air mata mengalir dari tepian tebing
Hingga mata memutih
Tulang ini terasa perih
....
                                       (Dian Hardiana)
Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah ....
A.    sedih
B.     marah
C.     kecewa
D.    bahagia
E.     dendam

40.         Makna lambang bendera kuning dalam puisi tersebut adalah ....
A.    menyatakan kerinduan
B.     melambangkan kematian
C.     menunjukkan kemarahan
D.    mengungkapkan kesunyian
E.     menggambarkan kesedihan

41.         Perhatikan dengan saksama kutipan pantun berikut ini!
Kalau menebang sama menyerat,
kalau membakar sama menyuluh.
Kalau menimbang sama berat,
Kalau menakar samalah penuh.
Maksud isi pantun tersebut adalah .....
A.    bersikaplah adil dalam segala hal
B.     jangan suka mengurangi timbangan
C.     hendaknya menyamaratakan semua orang
D.    mencari teman bergaul dengan yang sepadan
E.     dalam kehidupan sehari-hari harus menimbang segala sesuatunya

42.         Cermati dengan saksama penggalan teks drama berikut!
Orang tua
:
Ayahmu meninggal sebelum aku, Nak.
Lelaki
:
Ayah!
Orang tua
:
Ya! Dan, kau belum berdamai dengan dia. Engkau dan ayahmu selalu bertengkar. Kalian sama-sama keras hati dan keras kepala. Kata-katanya yang penghabisan adalah untukmu, Nak. Ia menanyakanmu. Ia kecewa karena kau tak ada saat ia akan menutup mata. Mengapa, mengapa kau tak mau datang waktu kami kabarkan bahwa ayahmu sakit keras?
Lelaki
:
(tersedu) Maaf, maaf, Bu!
Orang tua
:
Penyesalanmu itu terlambat. Tak bisa diperbaiki lagi di dunia ini. (Sejurus hening. Terdengar sedu-sedan lelaki)


(Tumbang karya Trisno Sumardjo)
Permasalah yang diungkapkan dalam naskah drama tersebut adalah ...
A.    Orang tua menemui lelaki meski ia telah meninggal.
B.     Penyesalan lelaki yang berkepanjangan atas dosa yang dilakukannya.
C.     Penyesalan seorang anak karena tidak menemui ayahnya hingga akhirnya ayahnya meninggal.
D.    Penyesalan seorang anak karena tidak mengetahui dan datang ke pemakaman kedua orang tuanya.
E.     Penyesalan seorang anak karena tidak meminta maaf kepada ayahnya atas kedurhakaannya hingga ayahnya meninggal.

43.         Cermati dengan saksama paragraf berikut dengan saksama!
Novel Edensor adalah novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi. Novel ini bercerita tentang perjalanan hidup Ikal dan Arai dalam memaknai mimpi, cinta, dan pencarian diri sendiri.

Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan novel tersebut adalah ....
A.    Novel ini menceritakan dua tokoh utama, Arai dan Ikal dengan segala lika-liku kehidupan masing-masing.
B.     Novel ini sangat layak untuk dimiliki. Novel ini akan membawa pembacanya pada perjalanan menjelajahi dunia.
C.     Bagi seorang yang realistis, apa yang dialami oleh Ikal dan Arai adalah mungkin suatu kemustahilan.
D.    Novel yang ditulis Andrea Hirata ini akan meyakinkan pembaca bahwa mimpi dan impian adalah suatu yang dapat diwujudkan dengan kerja keras dan doa.
E.     Novel ini berisi pengalaman hidup penulisnya. Sangat sulit dipisahkan antara peristiwa yang merupakan kejadian nyata dan peristiwa yang merupakan rekaan semata.


  1. Cermati paragraf berikut!
            Untuk melengkapi surat lamaran perkerjaan yang diajukan di PT Indo Jaya Makmur, Imron melampirkan selembar ... ijazah yang sudah .... di samping itu juga dua lembar ... 4 X 6.
 





Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf  tersebut adalah …
    1. foto kopi, legalisir, pas photo
    2. photo copy, leglisir, pas foto
    3. foto copy, legalisasi, pas foto
    4. fotokopi, legalisasi, pasfoto
    5. potokopi, legalisir, paspoto


45.         Cermati dengan saksama kutipan cerpen berikut ini!
Begitulah maka aku pun pernah jadi buah harap mereka. Buah cakap yang manis didengar dari gadis dan ibu-ibu di kampung. Tiap kali kalau kebetulan lewat di muka rumah mereka, dari celah-celah kerai menjeling beberapa mata jelita. Dan tak jarang aku dapat gangguan ibu-ibu yang suka menyindir. Tapi, aku yang masih terlalu muda, tak sanggup memikirkan hal-hal yang sulit itu. Lagi pula ayahku (pentolan Serikat Islamnya Tjokroaminoto yang tergolong progresif) tak suka pada film macam itu.
Sumber: Djamil Suherman ,”Jadi Santri”
Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah....
A.    Cerpen sulit dipahami karena bahasanya berbelit-belit dan mementingkan keindahan.
B.     Cerpen tersebut sulit dipahami karena memakai kata progresif dan banyak kata asing lainnya.
C.     Penyajian konflik dalam cerita dilakukan secara tersirat, yaitu melalui pikiran-pikiran tokoh.
D.    Latar yang tidak jelas membuat cerpen tersebut tidak menarik si pembaca dan tidak bermakna.
E.     Cerpen itu kurang menarik karena menggunakan “akuan” yang jarang ditemukan dalam cerita lain.
46.         Perhatikan dengan saksama teks berikut ini dengan saksama!
Dalam kebingungan terhadap perpuisian kita, pernah mahasiswa bertanya, “ Lantas apa puisi itu?” Saya bilang yang diniatkan si penciptanya sebagai puisi itulah puisi. Dalam puisi mutakhir kita sampai pada tahap bahwa apa yang diniatkan si pencipta puisi itu adalah puisi. Kita sampai pada tahap puisi adalah niat si penciptanya.
Masalah yang dibahas dalam kutipan esai di atas adalah ....
A.    definisi puisi
B.     puisi mutakhir
C.     penciptaan puisi
D.    kebingungan terhadap puisi
E.     perbedaan puisi dengan cerita

47.         Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
            Era reformasi tidak lebih baik dari era orde baru. Keadaan negeri kita tercinta, ... ini banyak sekali mengalami ancaman, hambatan, gangguan, dan rintangan. Ancaman teror bom ... terjadi ... akibatnya para investor asing takut menanamkan modalnya.
 






Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.      bulan-bulan, bolak-balik, ke mana-mana
B.       saat-saat, berbolak-balik, ke mana-mana
C.       akhir-akhir, bolak-balik, di mana-mana
D.      tahun-tahun, bolak-balik, ke mana-mana
E.       masa-masa, bolak-balik, di mana-mana


48.         Cermatilah dengan saksama penggalan cerpen berikut!
Pada suatu hari Ida tiba-tiba sakit keras dan keesokan harinya meninggal dunia. Tetanus, kata dokter, sesudah mayatnya diperiksa. Terlalu berat penderitaan ini bagi mereka berdua untuk dapat dirasakan lagi, seolah-olah mereka dibiuskan oleh suntikan operasi. Sakit tak terasa lagi. Seperti mimpi rasanya mereka sekonyong-konyong kehilangan Ida, anak satu-satunya. Suara Ida yang begitu riang tidak kedengaran lagi. Seluruh tubuhnya merasa sakit dan ngilu tulangnya, di sana-sani perih. Ketika Basri mengeluarkan kepala seperti tikus dari tumbukan balok, papan dan atap yang hampir menjadi kuburannya. Dia memandang sekeliling yang tampak hanya puing dan asap. Dicobanya berdiri, tetapi kepalanya terasa berat seperti batu, rambutnya kotor penuh debu. Pada pipi dan bahunya melekat darah campur debu yang hampir kering mengental.
Karya: Gayus Siagian
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi penggalan cerpen tersebut adalah ...
A.    Penderitaan yang dialami para tokoh membuat pembaca ikut larut dalam kesedihan.
B.     Tokoh Basri mengalami konflik batin, yaitu kehilangan anak semata wayang karena penyakit tetanus.
C.     Tema cerpen tersebut adalah penderitaan rakyat pada masa revolusi atau berkecamuknya gerombolan Darul Islam.
D.    Jalan cerita dalam cerpen tersebut rata, tiada ketegangan atau kejutan. Ketika pengarang menyebut seseorang pelaku mati atau celaka, tiada terasa keharuan hinggap dalam diri kita.
E.     Cerita para tokoh dalam cerpen dapat dijadikan sebuah pelajaran yang berharga bagi para pembaca tentang penyakit tetanus.

49 . Cermati paragraf berikut!
            Sebagai seorang … tentunya harus memiliki kemampuan yang cukup memadai. Dia harus memiliki kemampuan  yang memadai tentang bagaimana membangun … yang baik terhadap relasi dan anak buahnya. Di sisi lain dia juga harus bisa melakukan kebijakan  yang  … dan ….
 







Kata serapan yang tepat penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ,,,
a.       Manager, komunikatif, efektip, efesien
b.      Manajer, komunikasi, efektif, efisien
c.       Menejer, komunikasi, efektif, efesien
d.      Manager, komunikatif, efektif, efisien
e.       Manajer, komunikasi, efektip, efesien

50.  Bacalah dengan saksama paragraf berikut!

            Laki-laki bertubuh kurus itu berjalan gontai dibawah terik matahari. Sedang
kan kaos oblong lusuh dan celana jin kumal menutupi tubuhnya yang kurus.
Sepasang sandal jepit melekat di kakinya…. Sebuah ransel berwarna hijau melekat
di pundaknya. Dia berjalan menuruti kehendak hatinya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf
tersebut adalah….
A.                    Dia ingin segera menemui anaknya.
B.                     Rambutnya tak terurus, matanya cekung, tetapi pandangannya tajam.
C.                     Dia belum tahu ke mana dia pergi tertiup angin.
D.                    Wajahnya bersinar, rambutnya tertutup rapi.
E.                     Keriting rambutnya, pandangannya tajam kepada orang sekitarnya.




Comments

Popular posts from this blog

CONTOH SOAL PPKn 2015 - 2016 Dengan Jawaban

1.Salah satu perbutatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil disebut
a. kejahatan apartheid
b. kejahatan perang
c. kejahatan kemanusiaan
d. kejahatan genosida
e. kejahatan berat
Jawaban : C

2.Hak asasi manusia metupakan hak asasi yang melekat secara kodrati pada setiap manusia merupakan pendapat dari ….
a. Thomas Hobbes
b. John Locke
c. Thomas Aquainas
d. Plato
e. Frans Magnis Suseno
Jawaban : B

3.Berikut contoh kasus pelanggaran HAM di masyarakat seperti dibawah ini, kecuali ….
a. pemaksaan kerja kepada anak dibawah umur
b. sanksi terhadap siswa yang tidak mengerjakan tugas
c. penganiayaan orang tua terhadap anaknya
d. tidak diberikannya upah pembantu rumah tangga oleh majikannya
e. memberikan kejutan ulang tahun dengan cara vandalism kepada teman
Jawaban : B

4.Berikut yang bukan termasuk dalam hak social budaya adalah
a. hak memperoleh pendidikan
b. hak memperoleh pengajaran
c. hak…

[Paket] Tugas PKN BAB 7

SOAL :




JAWABAN :

Tugas Mandiri 7.1 Hal 23 : 
- Otomatis negara kita akan hancur dan ancaman dari luar negeri itu akan bebas keluar masuk ke negara kita bisa bisa negara dikuasai semua oleh negara asing atau luar negri

Tugas Mandiri 7.2 Hal 27 : - Yang jelas negara kita hancur dari dalam 
ancaman non militer kan banyak sisi 
seperti korupsi itu menurut saya termasuk ancaman non militer 
lama kelamaan negara itu akan tenggelam oleh penjajahan diri nya sendiri dan bisa disebut juga buduh diri didalam negara tersebut 
Tugas Kelompok 7.1 Hal 32 :
Politik luar negeri merupakan fornulasi antara kepentingan domestik dengan keadaan konstelasi politik internasional. Bukan hanya berdasarkan pada kepentingan nasional suatu negara, melainkan politik luar negeri juga harus mempertimbangkan keadaan dunia. Dalam pembahasan kali ini, aktor intelektual memiliki peranan sangat penting dalam menentukan arah kebijakan politik luar negeri negara tersebut.

Dalam kaitannya dengan politik luar negeri Indonesia, setiap…

[Paket] Tugas PKN BAB 9

SOAL :











JAWABAN :  Tugas Mandiri 9.1 1.Ya Alasan : Karna dapat mengganggu acara tersebut 2.Bukan Alasan : Karna memang harus dan wajib kalo para korupsi dipenjarakan 3.Ya Alasan : Agar bisa saling menguntungkan di kita juga dan dipimpinan juga 4.Bukan Alasan : Prilaku yang dibuat itu tidak baik , lebih baik memilih dengan adil 5.Ya Alasan : Iya memang harus itu biar tidurnya nyenyak 6.Ya Alasan : Agar tidak terjadi kesalah fahaman dan bisa digunakan dengan sebagaimana yang harus dilakukan 7.Ya Alasan : Agar aktif dan pintar , tidak hanya diam dan pasif apalagi tidak menghasilkan sesuatu 8.Ya Alasan : Sebagai warga negara harus wajib memilih untuk memimpin negara ini secara adil dan bertanggung jawab 9.Bukan Alasan : Meskipun kita warga biasa kita harus terus mengontrol kebijakan pemerintah dalam bertindak 10.Bukan Alasan : Harus berifikir sebelum bertindak apakah yang saya lakukan benar?
Budaya Politik Indonesia adalah : Budaya Politik Indonesia merupakan pola perilaku suatu masyarakat dalam kehidupan benegar…