Skip to main content

LATIHAN SOAL ILMU KEALAMIAHAN DASAR

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini denga jelas! Percayalah pada diri sendiri, yakinlah saudara yang terbaik diantara rekan saudara.

1. Segala kebenarannya yang terkandung dalam ilmu Alamiah terletak pada metode ilmiah kelebihan dan kekurangan yang ditentukan oleh metode ilmiah, maka pemecahan segala masalah, yang tidak dapat diterapkan metode ilmiah, tidaklah ilmiah, Bagaimana langkah langkah pemecahan masalah berdasarkan prosedur ilmiah?

2. Energi Panas matahari merupakan salah satu energi yang potensial untuk dikelola dan dikembangkan lebih lanjut sebagai sumber cadangan energi terutama bagi negara-negara yang terletak di khatulistiwa termasuk Indonesia, dimana matahari bersinar sepanjang tahun. Energi matahari yang tersedia adalah sebesar 81.000 TerraWatt sedangkan yang dimanfaatkan masih sangat sedikit. sebutkan dan jelaskan beberapa pemanfaatan energy panas matahari, jelaskan prinsip kerja kompor matahari dan penyulingan air!

3. 
A. Atom Zn mempunyai nomor atom 30 dan nomor massa 65, berapa jumlah proton dan jumlah neutronnya? Atom U mempunyai nomor atom 92 dan nomor massa 238, berapa jumlah proton, electron dan neutronnya?

B. Berapa jumlah electron pada kulit atom P dan L menurut model atom Bohr, bagaimana tingkat energy di kulit P dan L


4. Sebut dan jelaskan tujuan dibangun cagar biosfer, berikan contoh sesuai tujuan masing-masing!

5. Tingkat organisasi yang lebih tinggi dari komunitas adalah ekosistem, dimana serangkaian spesies tumbuhan dan segala macam bentuk materi yang melakukan siklus dalam system itu dan energi yang menjadi sumber kekuatan bagi ekosistem. Bagaimana bagan perpindahan energi dan mineral di dalam ekosistem menurut pandangan saudara?



Jawaban 

Jawaban :
1. – Mengidentifikasi Masalah
- Menentukan Yang Paling Penting
- Mendapatkan data 
- Menganalisis data
- Membahas hasil analisis
- Membandingkan dengan penelitian terdahulu
- Menarik Kesimpulan
- Kesimpulan dan saran
Nb : semua penelitian pasti tidak sempurna
2. Pada prinsipnya semua jenis kompor tenaga surya mempunyai cara kerjanya tidak jauh berbeda, yaitu memusatkan cahaya matahari yang jatuh ke alumunium/kaca. Tujuannya agar energi lebih terkonsentrasi dan berpotensi menghasilkan panas yang cukup untuk memasak.
            Kedua, mengubah cahaya . Bagian dalam kompor surya dan panci, dari bahan apapun asal berwarna hitam, dapat meningkatkan efektivitas pengubahan cahaya menjadi panas. Panci berwarna hitam dapat menyerap hampir semua cahaya yang masuk dan mengubahnya menjadi panas. Semakin baik kemampuan panci menerima dan menghantarkan panas maka semakin cepat kompor menjadi panas
            Ketiga, memerangkap panas. Upaya mengisolasi udara di dalam kompor dari udara di luarnya akan menjadi penting. Penggunaan bahan yang keras dan kering seperti kantong plastik atau tutup panci berbahan kaca memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam panci.
            Strategi memanaskan suatu barang denagn menggunakan energi tenaga surya akan menjadi kurang efektif jika haya menggunakan salah satu prinsip dasar di atas. Pada umumnya kompor surya sedikitnya menggunakan dua cara atau ketiga prinsip di atas untuk menghasilkan panas yang cukup untuk memasak.
            Kompor jenis surya ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya, bahan bakarnya tidak akan pernah habis dan gratis, tidak menyebabkan polusi maupun efek buruk buruk bagi lingkungan di sekitarnya., mudah di bawa ke mana-mana, baiaya murah dan menghasilkan rasa masakan yang lebih nikmat.
1. Penyaringan: pada proses ini terjadi pemisahan padatan yang semula larut dalam air. Filter akan memisahkan air dari partikel padat yang besar dan mudah disaring, misalnya daun, lumpur, dan batu.
2. Pengendapan: air yang dipisahkan dari partikel padat tadi akan memanfaatkan gaya gravitasi untuk membuat partikel yang padat tadi mengendap di dasar bak.
3. Penyerapan: tujuan dari tahapan ini adalah menjadi filter yang lebih teliti dan menggunakan karbon aktif untuk menyerap bahan tertentu dalam air.
4. Adsorbsi: merupakan proses penangkapan ion dalam air yang mengambil sekali lagi bahan-bahan yang dianggap asing dengan ukuran partikel yang lebih kecil, sehingga melalui adsorbsi ion-ion tersebut dapat ditarik dan dipilah.
3. 30 dan 35
92 , 92 dan 146
72 dan 8

4. – Melestarikan keragaman komunitas kehidupan dan ekosistem alam
Taman safari dan ujung kulon
- Menyediakan daerah penelitian ekologo dan lingkungan, baik didalam maupun diluar cagar biosfer
Kebun raya bogor dan kebun raya purwodadi
- Menyediakan sarana dan prasarana untuk pendidikan dan latihan
Jatim park dan batu screet zoo

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH SOAL PPKn 2015 - 2016 Dengan Jawaban

1.Salah satu perbutatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil disebut
a. kejahatan apartheid
b. kejahatan perang
c. kejahatan kemanusiaan
d. kejahatan genosida
e. kejahatan berat
Jawaban : C

2.Hak asasi manusia metupakan hak asasi yang melekat secara kodrati pada setiap manusia merupakan pendapat dari ….
a. Thomas Hobbes
b. John Locke
c. Thomas Aquainas
d. Plato
e. Frans Magnis Suseno
Jawaban : B

3.Berikut contoh kasus pelanggaran HAM di masyarakat seperti dibawah ini, kecuali ….
a. pemaksaan kerja kepada anak dibawah umur
b. sanksi terhadap siswa yang tidak mengerjakan tugas
c. penganiayaan orang tua terhadap anaknya
d. tidak diberikannya upah pembantu rumah tangga oleh majikannya
e. memberikan kejutan ulang tahun dengan cara vandalism kepada teman
Jawaban : B

4.Berikut yang bukan termasuk dalam hak social budaya adalah
a. hak memperoleh pendidikan
b. hak memperoleh pengajaran
c. hak…

[Paket] Tugas PKN BAB 7

SOAL :




JAWABAN :

Tugas Mandiri 7.1 Hal 23 : 
- Otomatis negara kita akan hancur dan ancaman dari luar negeri itu akan bebas keluar masuk ke negara kita bisa bisa negara dikuasai semua oleh negara asing atau luar negri

Tugas Mandiri 7.2 Hal 27 : - Yang jelas negara kita hancur dari dalam 
ancaman non militer kan banyak sisi 
seperti korupsi itu menurut saya termasuk ancaman non militer 
lama kelamaan negara itu akan tenggelam oleh penjajahan diri nya sendiri dan bisa disebut juga buduh diri didalam negara tersebut 
Tugas Kelompok 7.1 Hal 32 :
Politik luar negeri merupakan fornulasi antara kepentingan domestik dengan keadaan konstelasi politik internasional. Bukan hanya berdasarkan pada kepentingan nasional suatu negara, melainkan politik luar negeri juga harus mempertimbangkan keadaan dunia. Dalam pembahasan kali ini, aktor intelektual memiliki peranan sangat penting dalam menentukan arah kebijakan politik luar negeri negara tersebut.

Dalam kaitannya dengan politik luar negeri Indonesia, setiap…

[Paket] Tugas PKN BAB 9

SOAL :











JAWABAN :  Tugas Mandiri 9.1 1.Ya Alasan : Karna dapat mengganggu acara tersebut 2.Bukan Alasan : Karna memang harus dan wajib kalo para korupsi dipenjarakan 3.Ya Alasan : Agar bisa saling menguntungkan di kita juga dan dipimpinan juga 4.Bukan Alasan : Prilaku yang dibuat itu tidak baik , lebih baik memilih dengan adil 5.Ya Alasan : Iya memang harus itu biar tidurnya nyenyak 6.Ya Alasan : Agar tidak terjadi kesalah fahaman dan bisa digunakan dengan sebagaimana yang harus dilakukan 7.Ya Alasan : Agar aktif dan pintar , tidak hanya diam dan pasif apalagi tidak menghasilkan sesuatu 8.Ya Alasan : Sebagai warga negara harus wajib memilih untuk memimpin negara ini secara adil dan bertanggung jawab 9.Bukan Alasan : Meskipun kita warga biasa kita harus terus mengontrol kebijakan pemerintah dalam bertindak 10.Bukan Alasan : Harus berifikir sebelum bertindak apakah yang saya lakukan benar?
Budaya Politik Indonesia adalah : Budaya Politik Indonesia merupakan pola perilaku suatu masyarakat dalam kehidupan benegar…